Senin, 21 Desember 2015

Seminar ELTICOM 2015 Digelar Di USU

Seminar ELTICOM 2015 Digelar Di USU

Pj. Rektor USU, Prof. Subhilhar, MA., Ph.D pada Jumat (27/11/2015) di Ruang kerjanya menerima para pembicara di seminar ELTICOM  yang digelar oleh Departemen Teknik Elektro FT USU ini. Turut hadir Kepala KUI USU, Dr. Esther T. Nababan, Staf Pengajar FT USU Ir. Surya Tarmizi Kasim, M.Si dan Ardian Ulvan dari Universitas Negeri Lampung.

ELTICOM (International Conference On Electrical, Telecommunication And Computer Engineering) 2015 ini berlangsung dua hari, 27 sampai 28 November 2015 dihadiri oleh dua pakar di Bidang Teknik Elektro sebagai pembicara, yaitu: Prof. Pavel Ripka dari Czech Technical University Prague ,Ceko dan Prof. Ying Yi Hong dari Chung Yuan Christian University, Taiwan.

Dalam acara ini Prof. Pavel mengangkat tema “Electrical Current Sensor for Power Grid” yang menyoroti gambaran singkat dari metode tradisional pengukuran arus listrik dan menunjukkan secara lebih rinci jenis sensor arus yang relatif baru, termasuk sensor Hall dengan konsentrator bidang, sensor AMR , sensor magneto-optik dan superkonduktor terkini, sedangkan Prof. Ying mengangkat tema “Toward the Smart Grid-Integration of Power, Energy and ICT” yang menyoroti fungsi Smart Grid sebagai bagian yang sangat penting dalam pengembangan power sistem modern, dimana Smart Grid melibatkan banyak teknologi yang bertujuan menciptakan power sistem yang lebih stabil dan terukur.

Pj. Rektor dalam sambutannya mengatakan, USU sangat menyambut baik keterlibatan CTU Ceko dan SYCU Taiwan dalam seminar ini dengan harapan bahwa diskusi yang banyak melibatkan akademisi dan pihak profesional ini akan memberikan  sumbangsih dalam kemajuan keilmuan Teknik Elektro, Telekomunikasi dan Ilmu Komputer. Pj. Rektor juga menyampaikan harapan, seminar ini bisa memberikan dampak yang signifikan dalam memperkenalkan potensi USU yang terangkum dalam TALENTA (Tropical Science and Medicine, Agro-Industry, Local Wisdom, Energy (suistanable), Natural Resources, Technology Appropriate and Arts) sebagai bagian dari RJP USU 2015-2039 dan Restra USU 2015-2019.

Kepala KUI, Dr. Esther T. Nababan dalam  kesempatan ini menyampaikan kesiapan KUI dalam memfasilitasi kemungkinan pertukaran pelajar yang bisa diwujudkan dengan komitmen lebih lanjut dalam bentuk MoU dan MoA, USU dan CYCU sebelumnya telah membangun kemitraan dimana  September lalu telah berangkat 23 orang mahasiswa Teknik Elektro USU ke CYCU Taiwan untuk mengikuti seminar elektro dan mengujungi fasilitas nuklir Taiwan.

Prof. Ying mengatakan, CYCU telah mempertimbangkan untuk memberi fasilitas beasiswa Magister bagi mahasiswa USU yang tertarik untuk berkuliah disana, dan tidak hanya tertutup untuk ilmu Teknik saja, karena dari tujuh College yang ada di CYCU ada pula Ilmu Sosial yang bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa dari Fakultas lain di USU, sedangkan CTU Praha dan USU ke depannya akan menjajaki kemungkinan kerjasama di bidang Magister bagi alumni USU, diperlukan sosialiasi terlebih dahulu di Ceko mengingat masyarakat Ceko juga masih awam dengan Indonesia, namun pihaknya antusias untuk mendorong pertukaran mahasiswa bisa diwujudkan kedepannya, demikian disampaikan Prof. Ing. Pavel Ripka, CSc yang merupakan Dekan di Fakultas Teknik Elektro CTU ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar